Resep Cheese Stick Resep Cheese Stick

Foto: Shutterstock/Eva Hidayah

  • RAA
  • Selasa, 02 April 2024 - 16:40 WIB

Resep Cheese Stick


Kue Lebaran mulai bermunculan di pasaran, menandakan datangnya Hari Raya yang dinanti-nanti. Jika punya waktu luang, membuat kue Lebaran sendiri di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bagi pemula, cheese stick adalah pilihan yang tepat. Kue ini tidak memerlukan telur dan mudah dibuat. Adonan cheese stick tidak perlu kalis, cukup tercampur sempurna dan tidak lembek.


Bahan cheese stick: 
900 gram tepung terigu serba guna 
300 gran tepung tapioka 
300 gram keju cheddar (parut halus) 
1 sendok teh garam 
1 sendok teh kaldu bubuk 
200 gram margarin (lelehkan) 
65 gram santan intan kemasan 
400 mililiter air bersih

Cara membuat cheese stick: 
1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan kali bubuk, lalu sisihkan. 
2. Di wadah terpisah, campur margarin cair, keju parut, garam, dan santan hingga rata. 
3. Masukkan campuran terigu ke dalam campuran margarin sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari mengaduk adonan, jaga adonan agar tidak lembek dan tidak perlu sampai kalis. 
4. Tutup wadah berisi adonan menggunakan kain lembab ataupun plastik sekitar 20-30 menit. Setelah itu uleni adonan sebentar dan ambil sekepal adonan untuk digiling. 
5. Giling adonan sampai ketebalan yang diinginkan menggunakan rolling pin atau penggiling adonan, kemudian cetak adonan dengan penggiling mi yang lebar. 
6. Potong adonan menjadi bentuk stick sesuai selera, kemudian goreng adonan di dalam minyak panas menggunakan api sedang hingga berubah warna menjadi keemasan. Setelah itu angkat dan tiriskan. 
7. Ulangi langkah serupa sampai adonan habis, lalu simpan cheese stick di dalam toples tertutup supaya tetap renyah.