Resep Es Goyobod Resep Es Goyobod

Foto: kompas

  • RAA
  • Jumat, 02 Februari 2024 - 19:31 WIB

Resep Es Goyobod


Es goyobod bisa menjadi pilihan minuman segar untuk dinikmati di sore hari setelah seharian beraktivitas. Bahan-bahannya pun mudah didapat, yaitu tepung beras, sagu aren, gula merah, santan, dan pewarna makanan.

Anda bisa membuat es goyobod malam hari sebelum berangkat ke kantor dan menyimpannya di kulkas. Keesokan harinya, Anda bisa langsung menikmati es goyobod yang dingin dan menyegarkan.

Bahan es goyobod 
100 gram sagu aren 
2 sendok makan tepung beras 
500 mililiter air bersih 
1/2 sendok teh pewarna makanan (warna merah) 
Garam secukupnya 
500 gram gula merah 
1 liter santan 
4 lembar daun pandan 
1/4 sendok teh garam Es batu secukupnya

Cara Membuat
1. Campur tepung beras dan sagu aren dengan air, garam, dan pewarna makanan di dalam panci, kemudian aduk rata dan masak sampai mendidih. Setelah itu kecilkan api dan tunggu sampai matang dan mengental. 
2. Tuang campuran sagu aren yang sudah sedikit mengental ke dalam wadah datar, kemudian biarkan dingin dan menjadi padat. Setelah itu potong kecil-kecil dan rendam di dalam air es. 
3. Masak gula merah bersama 1 liter santan, 1/4 sendok teh garam, dan daun pandan di dalam panci hingga gula larut dan mendidih. Kemudian angkat, saring, dan biarkan dingin untuk saus. 
4. Siapkan gelas, masukkan sagu aren yang telah dipotong-potong, lalu tuang saus gula merah. Tambahkan es batu saat disajikan.