Makanan-Makanan Kaya Potassium Untuk Kesehatan Optimal Makanan-Makanan Kaya Potassium Untuk Kesehatan Optimal

Foto: klikdokter

  • RAA
  • Minggu, 05 Mei 2024 - 11:31 WIB

Makanan-Makanan Kaya Potassium Untuk Kesehatan Optimal


Potassium adalah mineral penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot, dan kesehatan jantung yang optimal. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan potassium.

Pisang
Pisang adalah salah satu sumber potassium yang paling terkenal dan mudah ditemui. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 400-500 mg potassium.

Kentang
Kentang adalah sumber potassium yang kaya, terutama jika dimakan dengan kulitnya. Setengah cangkir kentang panggang mengandung sekitar 450 mg potassium.

Bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan potassium. Setengah cangkir bayam rebus mengandung sekitar 420 mg potassium.


Yogurt
Yogurt rendah lemak atau tanpa lemak adalah sumber potassium yang baik, selain juga mengandung protein dan kalsium. Setengah cangkir yogurt mengandung sekitar 200-250 mg potassium.

Alpukat 
Alpukat mengandung potassium yang tinggi serta lemak sehat, serat, dan antioksidan. Setengah buah alpukat mengandung sekitar 500-600 mg potassium.


Labu Kuning
Labu kuning adalah sumber potassium yang baik serta mengandung vitamin dan antioksidan lainnya. Setengah cangkir labu kuning rebus mengandung sekitar 400 mg potassium.

Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang mengandung potassium, selain juga serat dan vitamin C. Setengah cangkir brokoli rebus mengandung sekitar 200-250 mg potassium.


Mangga
Mangga adalah buah yang kaya akan potassium serta vitamin A dan vitamin C. Setengah buah mangga mengandung sekitar 300-350 mg potassium.


Tomat
Tomat adalah sumber potassium yang baik, selain juga mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Tomat mengandung sekitar 200-250 mg potassium.