Cengkeh, Rempah-Rempah Penuh Manfaat Cengkeh, Rempah-Rempah Penuh Manfaat

Foto: kompas

  • RAA
  • Rabu, 21 Februari 2024 - 11:59 WIB

Cengkeh, Rempah-Rempah Penuh Manfaat


Cengkeh biasa digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan. Selain memberikan aroma khas pada makanan, cengkeh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Kaya Akan Antioksidan 
Cengkeh kaya akan senyawa antioksidan, seperti eugenol, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Sifar Antiinflamasi
Senyawa dalam cengkeh, terutama eugenol, memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Pereda Nyeri dan Rasa Tidak Nyaman
Sebagai analgesik alami, cengkeh dapat membantu meredakan nyeri gigi, nyeri otot, dan gejala sakit kepala.

Mendukung Kesehatan Gigi dan Mulut
Sifat antibakteri cengkeh membantu melawan bakteri dalam mulut, menjadikannya bahan yang baik untuk permen kesehatan dan pasta gigi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Senyawa seperti beta-karoten, vitamin C, dan magnesium dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol Gula Darah
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cengkeh dapat membantu mengatur kadar gula darah, memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Penguat Pencernaan
Cengkeh dapat membantu merangsang produksi enzim pencernaan, memfasilitasi proses pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya
Aroma cengkeh yang kuat dapat berfungsi sebagai pengusir alami untuk nyamuk dan serangga lainnya.

Meningkatkan Konsentrasi dan Kognisi
Aroma cengkeh diketahui dapat meningkatkan konsentrasi dan kognisi, membantu meredakan stres mental.

Mengurangi Mual dan Muntah
Cengkeh dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah, membuatnya bermanfaat untuk mereka yang mengalami gangguan pencernaan atau mabuk perjalanan.

Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur
Sifat antimikroba cengkeh dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur, mendukung kesehatan kulit dan melawan infeksi saluran pernapasan.

Menyambut ulang tahun Numi Center, Timurasa memberikan diskon 5% selama bulan Februari dari tanggal 1-29 Februari 2024. Klik timurasa.com atau login ke Instagram @timurasaindonesia untuk informasi lebih lanjut.