Tanaman Serbaguna Yang Dapat Menggantikan Nasi Tanaman Serbaguna  Yang Dapat Menggantikan Nasi

Foto : shutterstock

  • RAA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 20:07 WIB

Tanaman Serbaguna Yang Dapat Menggantikan Nasi


Indonesia mayoritas merupakan negara pemakan nasi yang terbuat dari beras. Memakan nasi putih, nasi merah, atau bahkan nasi hitam sudah menjadi hal yang lumrah. Dengan semakin banyaknya penelitian yang menyatakan bahwa nasi putih kurang baik untuk kesehatan dikarenakan kandungan gula yang cukup tinggi.

Namun tahukah anda, bahwa Indonesia juga memiliki alternatif lain untuk nasi putih?

Sorgum atau Sorghum merupakan tanaman sumber karbohidrat yang dapat menggantikan nasi putih.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa Sorgum adalah tanaman dari suku graminae, yang memiliki tinggi batang mencapai 6 meter. Buahnya berupa butiran bulat dengan ukuran yang lebih kecil daripada biji jagung.


Nasi Sorgum

Wikipedia menjelaskan bahwa sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku alkohol dan biofuel.

Dibandung nasi, sorgum dikatakan lebih unggul dalam nilai gizi, namun lebih sehat. Sorgum dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes dikarenakan kandunganya yang rendah. Sorgum juga cocok untuk menjadi santapan diet anda.

Sorgum dapat diolah menjadi etanol. Batang sorgum juga dapat diolah menjadi gula atau sirup. Sorgum bahkan dapat dijadikan bahan baku industri kertas dan papan partikel meja dan dinding.

Tanaman ini dapat tumbuh di daerah kering. Tanaman sorgum juga dapat bertahan di tanah dengan kandungan garam tinggi seperti di pinggir pantai