Besarnya Potensi Industri Kopi Yang Belum Banyak Dilirik Besarnya Potensi Industri Kopi Yang Belum Banyak Dilirik

Foto: pixabay

  • RAA
  • Minggu, 11 Februari 2024 - 20:08 WIB

Besarnya Potensi Industri Kopi Yang Belum Banyak Dilirik


Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, luasnya lahan perkebunan nyatanya tidak cukup sebagai bekal produktivitas kopi di Indonesia. Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), luas area perkebunan kopi milik rakyat Indonesia pada 2022 mencapai angka 1.246.352 hektar.

Angka tersebut jauh lebih besar dibanding perkebunan kopi yang dikelola oleh perusahaan negara maupun swasta. Adapun luas area perkebunan kopi yang dikelola oleh negara yakni seluas 11.585 hektar. Sementara, luas area perkebunan kopi yang dikelola oleh swasta tercatat mencapai 7.993 hektar.


Di balik kejayaan kopi Indonesia, tersembunyi berbagai tantangan yang menghadang industri ini. Penyakit tanaman, kelangkaan pupuk dan bibit unggul, serta penyesuaian terhadap perubahan iklim menjadi batu sandungan bagi para petani kopi. Ditambah lagi, minimnya regenerasi petani muda semakin memperparah situasi.

Hal ini disebabkan mindset anak-anak muda yang lulus S1 harus jadi pegawai, bukan menjadi petani. Hal ini sangat disayangkan karena potensi produksi kopi yang sangat baik di Indonesia.

Tentunya dibutuhkan peranan pemerintah untuk mendorong peningkatan petani kopi yang berusia muda. Mulai dari sosialisasi tentang potensi kopi, memberikan insentif, atau pemodalan awal untuk memulai bertani kopi. 

Kini telah hadir kopi khas Indonesia dari Timurasa, tersedia dalam berbagai varian kopi seperti arabika, robusta, dan house blend Timurasa Indonesia. Klik timurasa.com atau login ke Instagram @timurasaindonesia