Berbagai Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Anda Berbagai Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Anda

Foto: kompas

  • RAA
  • Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:07 WIB

Berbagai Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Anda


Tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa lezat dan kaya nutrisi. Terbuat dari biji kedelai yang difermentasi oleh jamur Rhizopus oligosporus, tempe telah menjadi favorit bagi banyak orang tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena manfaat kesehatan yang luar biasa. Mari kita jelajahi beberapa manfaat tempe untuk kesehatan:

Sumber Protein Nabati yang Kaya
Tempe adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Kandungan protein yang tinggi dalam tempe membuatnya menjadi pilihan yang bagus bagi vegetarian dan vegan untuk memenuhi kebutuhan protein harian mereka. Protein dalam tempe juga mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu dalam proses pembentukan otot dan pemulihan otot setelah aktivitas fisik.

Kaya akan Serat
Tempe mengandung serat pangan yang tinggi, yang sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Mengonsumsi tempe secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus yang baik dan mencegah risiko gangguan pencernaan seperti divertikulosis dan penyakit usus besar.

Sumber Nutrisi yang Lengkap
Tempe mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Selain protein, tempe juga mengandung zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin B kompleks, dan asam folat. Kandungan nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, pembentukan sel darah merah, fungsi saraf yang optimal, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Efek Pemecahan Fitoestrogen
Tempe mengandung senyawa yang disebut fitoestrogen, yang memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen dalam tubuh. Fitoestrogen dalam tempe dapat membantu mengurangi risiko penyakit terkait hormon seperti osteoporosis, menopause, dan beberapa jenis kanker hormon terkait. Namun, penting untuk diketahui bahwa efek fitoestrogen masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan perlu dikonsumsi dengan seimbang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan nutrisi dalam tempe, seperti serat, protein nabati, dan lemak sehat, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Tempe rendah lemak jenuh dan mengandung asam lemak tak jenuh ganda, yang merupakan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Produk-produk Timurasa kini tersedia di berbagai tempat!

Alun-Alun Indonesia
Grand Indonesia, Jl MH Thamrin No 1 Jakarta Pusat

The Food Hall
Senayan City, Jl Asia Afrika No 19, Kota Jakarta Pusat

Plaza senayan, Jl Asia Afrika No 8, Kota Jakarta Pusat

Grand Indonesia, Grand Indonesia Shopping West Mall