Sejarah Trofi Paling Ikonik Di Dunia Sejarah Trofi Paling Ikonik Di Dunia

Foto: indosport

  • RAA
  • Rabu, 07 Desember 2022 - 20:17 WIB

Sejarah Trofi Paling Ikonik Di Dunia


Piala Dunia 2022 Qatar tengah berlangsung. Menonton event sebesar Piala Dunia tentu saja akan terasa kurang jika tidak ditemani cemilan lezat seperti   Nih Kenari Cookies Dark Choco  yang manis pahit menyehatkan. 

Trofi Piala Dunia FIFA bisa dibilang salah satu piala paling ikonik di dunia olahraga. Trofi Piala Dunia telah ditampilkan dalam beberapa foto paling berkesan dalam sejarah sepak bola internasional.

Foto Maradona mengangkat trofi setelah menang atas Jerman Barat di Piala Dunia 1986 di Meksiko terpatri di benak hampir setiap penggemar sepak bola.

Trofi Jules Rimet adalah trofi pertama yang diberikan kepada pemenang Piala Dunia FIFA. Trofi ini diberikan kepada para pemenang dari tahun 1930 hingga 1970. Awalnya, trofi ini bernama 'Victory.' 

Pada akhirnya trofi ini berganti nama menjadi Trofi Jules Rimet pada tahun 1946. Perubahan ini dilakukan untuk menghormati mantan presiden FIFA Jules Rimet, yang memutuskan untuk menyelenggarakan Piala Dunia FIFA pertama pada tahun 1930.


Jules Rimet adalah Presiden ketiga FIFA, dari tahun 1921 sampai tahun 1954, dan meninggal pada tahun 1956.

Pematung Prancis Abel Lafleur merancang trofi Jules Rimet pada tahun 1930. Trofi tersebut tingginya 14 inci (35 cm) dan beratnya 8,4 lbs (3,80 kg).


Trofi ini terbuat dari perak murni berlapis emas, dan memiliki dasar biru yang terbuat dari batu lapis lazuli. Trofi itu terdiri dari representasi Nike, Dewi Kemenangan Yunani.

Sosok Nike duduk di atas balok batu segi delapan. Sebelum Piala Dunia 1954, balok batu ini diganti dengan versi yang lebih tinggi untuk memungkinkan menulis nama negara pemenang baru.

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa