Sudah Dipertandingkan Di Luar Negeri, Inilah Dia Olahraga-Olahraga Asli Indonesia Sudah Dipertandingkan Di Luar Negeri, Inilah Dia Olahraga-Olahraga Asli Indonesia

Foto: kompas

  • RAA
  • Rabu, 28 September 2022 - 18:45 WIB

Sudah Dipertandingkan Di Luar Negeri, Inilah Dia Olahraga-Olahraga Asli Indonesia


Indonesia selain dengan kaya akan kuliner dan berbagai macam budaya, juga memiliki olahraga tradisional yang bahkan beberapa sudah dipertandingkan di mancanegara. 


Apa saja olahraga nya tradisional Indonesia? Mari simak di bawah ini.

Pacu Jalur
Foto: jalur

Pacu Jalur adalah jenis olahraga perahu dayung tradisional yang berasal dari Riau. Lomba perahu di aliran sungai ini memiliki panjang perahu sekitar 25-40 meter dengan awak perahu 40 sampai 60 orang.

Awalnya perlombaan diselenggarakan di desa-desa di sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad, Idul Fitri, atau tahun baru Muharram.

Saat ini acara Pacu Jalur telah masuk ke dalam kalender pariwisata nasional, setiap tahun pada tanggal 23-26 Agustus diadakan festival acara dalam rangkaian peringatan kemerdekaan Indonesia (17 Agustus).

Tempatnya diadakan di Sungai Batang Kuantan yang pada zaman dahulu merupakan simbol identitas sosial karena hanya para bangsawan yang diangkut melalui aliran sungai tersebut.


Egrang
Foto: kompas

Egrang adalah tiang atau tongkat yang digunakan seseorang untuk berdiri pada jarak tertentu di atas tanah.

Egrang dilengkapi dengan pijakan untuk berdiri, dan tali untuk diikatkan pada kaki, untuk berjalan sambil naik di atas ketinggian tanah.

Di Indonesia, egrang biasanya dilombakan dalam kegiatan seperti peringatan kemerdekaan Indonesia. Selain sebagai sarana hiburan, lomba engrang juga melatih kekuatan tubuh manusia serta pada zaman dahulu yang berfungsi untuk menghindari genangan air di daerah banjir atau pantai.


Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa