Akhir Pekan Segera Tiba, Ajak Anak-Anak Anda Bermain Ini Akhir Pekan Segera Tiba, Ajak Anak-Anak Anda Bermain Ini

Foto: republika

  • RAA
  • Jumat, 23 September 2022 - 19:07 WIB

Akhir Pekan Segera Tiba, Ajak Anak-Anak Anda Bermain Ini


Indonesia memiliki banyak sekali budaya tradisional yang unik yang tidak akan Anda temukan di negara manapun. Dari tarian tradisional, alat musik tradisional, dan mainan tradisional.

Bagi generasi atau anak 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan tradisional dari daerahnya masing-masing.  Umumnya di sebagian besar daerah di Indonesia memiliki mainan yang sama namun memiliki nama yang berbeda.

Hal tersebut bergantung di wilayah mana mainan itu berada. Berikut ini beberapa diantaranya : 


Layang-layang
Foto: detik

Layang – Layang adalah mainan tradisional yang biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Anda perlu membaca ke mana arah angin untuk membuat layang-layang Anda terbang lebih tinggi seperti yang Anda inginkan. Saat ini, Anda masih dapat melihat beberapa anak-anak bermain layang-layang di pantai. Di pantai Parangtritis Yogyakarta juga ada festival layang-layang yang bisa Anda ikut atau cukup menyaksikan saja.


Tempurung 
Foto: republika
Tempurung adalah mainan tradisional yang terbuat dari tali dan tempurung kelapa. Biasanya anak-anak menggunakannya untuk balapan dengan menginjak tempurung tersebut dan berpegangan pada tali. Game ini cukup sederhana jika dibandingkan Egrang yang membutuhkan lebih banyak fokus untuk menjaga keseimbangan Anda di posisi yang tinggi.


Pistol Bambu
Foto: djangkarubumi

Pistol Bambu atau senapan bambu adalah mainan tradisional yang dimainkan dalam permainan Pletokan. Nama Pletokan berasal dari suara yang Anda dengar setelah pistol Anda ditembak. Mainan ini terbuat dari bambu, biasanya dengan panjang sekitar 30cm. Untuk pelurunya menggunakan beberapa biji atau kertas yang dihancurkan dan dibentuk peluru.
 


Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa