Berbagai Fakta Ikonik Dari Yogyakarta Berbagai Fakta Ikonik Dari Yogyakarta

Foto: gotravelindonesia

  • RAA
  • Rabu, 06 Juli 2022 - 14:45 WIB

Berbagai Fakta Ikonik Dari Yogyakarta


Yogyakarta adalah kota besar di Jawa Tengah yang terkenal dengan tradisi dan warisan budayanya. Di dalam kota tersebut, Anda akan menemukan banyak hal untuk dijelajahi. Kebanyakan orang sering mengagumi Yogyakarta karena makanan, sejarah, dan lingkungan alamnya.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Yogyakarta.

Merupakan Daerah Istimewa
Yogyakarta sebenarnya sering disebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta di Indonesia. Alasannya karena kota ini masih menggunakan sistem monarki untuk mengatur rakyatnya. 

Orang yang memimpin kota disebut Kesultanan. Kesultanan Yogyakarta saat ini adalah Hamengkubuwono X. 


Keluarga kerajaan tinggal di sebuah istana kerajaan yang disebut Keraton. Yogyakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang masih menggunakan sistem monarki. 

Rakyat tidak perlu memilih gubernur mereka karena seseorang dari keluarga kerajaan akan secara otomatis memerintah mereka.


Merupakan Destinasi Wisata 
Seperti yang telah diketahui, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Wisatawan asing maupun lokal selalu berdatangan. Banyak orang Indonesia menganggap Yogyakarta sangat istimewa. 

Mereka bahkan mengklaimnya sebagai 'kota kenangan'. Provinsi ini dipenuhi dengan keindahan alam seperti pantai dan pegunungan.

Pantai berjarak sekitar dua jam dari kota utama. Orang-orang juga datang untuk berjalan-jalan di candi Borobudur yang terkenal. Tempat ini dipenuhi turis dari seluruh dunia setiap harinya.


Kaya Akan Makanan Tradisional
Karena Yogyakarta adalah kota yang sangat berbudaya, Yogyakarta juga dipenuhi dengan begitu banyak makanan tradisional yang lezat. 

Setiap kabupaten di Yogyakarta, memiliki makanan khasnya masing-masing. Makanan tradisional Yogyakarta ini sangat populer, sehingga dijual di kota-kota lain juga. 


Beberapa kuliner populer yang berasal dari Yogyakarta diantaranyaadalah gudeg, bakpia, dan gethuk.

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa