Ikan-Ikan Air Tawar Yang Dapat Anda Temukan Di Nusantara Ikan-Ikan Air Tawar Yang Dapat Anda Temukan Di Nusantara

Foto: lifepal

  • RAA
  • Jumat, 13 Mei 2022 - 11:28 WIB

Ikan-Ikan Air Tawar Yang Dapat Anda Temukan Di Nusantara


Sungai-sungai di Indonesia begitu kaya akan jenis ikannya. Berdasarkan beberapa penelitian, ikan air tawar memiliki begitu banyak protein yang penting bagi tubuh dan kesehatan kita.

Hal itulah yang membuat orang Indonesia gemar mengkonsumsinya setiap hari dengan begitu banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Dibandingkan dengan ikan yang berasal dari air laut, ikan air tawar memiliki harga yang lebih murah dengan manfaat vitamin dan mineral yang hampir sama.

Hal tersebut membuat sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih memilih ikan air tawar daripada ikan air laut. Selain itu, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya bisa sebanyak ikan air laut.

Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia : 
 

Mujair
Foto: tribunnews

Ikan mujair menjadi salah satu jenis ikan air tawar khas Indonesia yang tersebar secara alami di sebagian besar perairan air tawar Indonesia.

Ikan ini terkenal dengan kandungan fosfornya yang paling tinggi sehingga membuat masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsinya.

Satu ekor ikan mujair dapat tumbuh hingga 40 cm yang cocok untuk dikonsumsi untuk empat hingga enam orang.

Daging ikan ini tebal sehingga sangat cocok untuk dimasak sebagai hidangan utama untuk makan siang atau makan malam Anda.


Gurame
Foto: lifepal

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar khas Indonesia yang memiliki rasa yang enak. Ikan ini sangat populer sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di sebagian besar pasar tradisional atau modern di Indonesia.

Selain itu, budidaya ikan Gurame juga lebih mudah dari yang Anda kira sehingga membuat banyak penduduk desa membudidayakannya sendiri. Hal inilah yang membuat stok ikan Gurame selalu tersedia setiap hari di pasar.


Anda bisa mengonsumsi ikan Gurame dengan cara digoreng, dipanggang atau dibuat dengan beberapa jenis resep masakan khas Indonesia seperti Gurame Asam Manis atau Ikan Bakar Cianjur.


NilaFoto: kompas
Ikan nila menjadi salah satu jenis ikan air tawar Indonesia yang paling banyak dijumpai yang mirip dengan ikan mujair.

Ikan ini memiliki warna tertentu dengan kombinasi antara hitam dan abu-abu. Pertumbuhan ikan nila maksimal bisa mencapai 30 cm yang cocok untuk dimakan bersama untuk empat anggota keluarga.

Ikan nila memiliki rasa yang enak dengan irisan daging yang lebih tebal dibandingkan ikan mujair.

Biasanya orang Indonesia memasaknya menjadi hidangan seperti ikan Nila Bakar, Nila Asam Manis, Nila Kuang Kuning, dan masih banyak lagi. 


 

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa