Menu-Menu Sarapan Lombok Nikmat Yang Wajib Anda Coba Menu-Menu Sarapan Lombok Nikmat Yang Wajib Anda Coba

Foto: kompas

  • RAA
  • Jumat, 13 Mei 2022 - 09:07 WIB

Menu-Menu Sarapan Lombok Nikmat Yang Wajib Anda Coba


Sarapan merupakan kegiatan awal  untuk membangun energi. Di Indonesia, menu sarapannya beragam. Daerah yang berbeda akan memiliki menu sarapan yang berbeda. 

Meskipun ada roti, telur, atau susu bagi sebagian orang modern, masih ada sebagian orang yang memiliki menu sarapan tradisional. Hal ini juga terjadi pada masyarakat Lombok. Berikut ini beberapa diantaranya : 

Nasi Puyung
Foto: liputan6

Di Jawa, makanan ini mirip dengan nasi uduk. Hidangan ini berasal dari sebuah desa kecil bernama Puyung, Kabupaten Lombok Tengah. Nama penemu dan peraciknya adalah Inaq Esun (Inaq dalam bahasa Lombok berarti ibu).

Secara tampilan, menu Nasi Puyung berisi suwiran (potongan) daging ayam dengan sambal, kedelai, udang kering, abon & belut goreng. Ciri khas makanan ini terletak pada rasa pedasnya.

Ayam Taliwang
Foto: kompas

Sebagai hidangan tradisional Lombok, Ayam Taliwang memiliki sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kali diperkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang ditempatkan di Lombok pada masa Raja Karangasem. 


Masakan Ayam Taliwang memang bisa ditemukan di beberapa kota besar di Indonesia, sama dengan masakan Padang. Anda bisa menggunakan menu ini sebagai sarapan.
Ayam taliwang biasanya disajikan dengan pelecing kangkung sebagai lalapan.

Plecing Kangkung
Foto: detik

Makanan tradisional Lombok ini biasanya disajikan dengan Ayam Taliwang untuk sarapan. Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing juga sangat khas. Berbeda dengan tanaman kangkung yang biasa ditanam di Jawa, kangkung Lombok merupakan kangkung yang biasa ditanam di sungai yang mengalir dengan cara tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah.Biasanya disajikan dengan sambal terasi, tauge, kacang tanah & serudeng.

Kangkung di daerah Lombok sangat terkenal. Teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot meski kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.


 

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa