Danau Toba, Danau Indah Dengan Kuliner Lezat Yang Wajib Anda Coba Danau Toba, Danau Indah Dengan Kuliner Lezat Yang Wajib Anda Coba

Foto: tribunnews

  • RAA
  • Jumat, 13 Mei 2022 - 15:29 WIB

Danau Toba, Danau Indah Dengan Kuliner Lezat Yang Wajib Anda Coba


Indonesia terkenal dengan wisata alam yang selalu bisa menarik pengunjung baru setiap harinya. Salah satu tempat wisata alam yang populer adalah adalah Danau Toba.

Tentu saja menjelajahi lokasi eksotis Indonesia tidak akan lengkap tanpa mencoba makanan tradisional yang ada di daerah tersebut.

Daerah di sekitar Danau Toba juga memiliki beberapa makanan tradisional yang patut Anda coba.  Berikut ini beberapa diantaranya : 


Saksang
Foto: tribunnews

Makanan jajanan lokal di dekat Danau Toba yang wajib dicoba lainnya adalah Saksang. Yang satu ini cukup unik karena mereka menggunakan kombinasi antara daging hewan dan darahnya. Hidangan ini adalah salah satu makanan tradisional yang luar biasa yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya Medan.

Biasanya saksang menggunakan daging sapi ataupun babi sebagai pengganti daging ayam. Dan terkadang, penjualnya mengganti saus darah yang biasa dengan saus kacang untuk membuat kuah lebih manis.

Terkadanh sedikit santan ditambahkan agar rasanya lebih enak. Bagi umat Islam, bisa makan Saksang yang menggunakan daging kerbau dan tanpa darah. Versi yang satu ini tetap enak.


Natinombur
Foto: tribunnews

Yang berikutnya adalah Natinombur. Hidangan ini juga menggunakan daging ikan sebagai bahan dasarnya. Namun berbeda dengan hidangan Naniura, karena dagingnya akan dimasak terlebih dahulu sebelum diolah.

Jika Anda ingin membuat Natinombur yang enak, Anda perlu merebus dagingnya terlebih dahulu, seperti namanya Naitnombur yang artinya merebus.

Hidangan ini sebenarnya berasal dari cerita rakyat tentang kelompok nelayan yang selalu memasak daging ikan dengan cara direbus. Mereka kemudian menambahkan saus yang diletakkan di atas daging. Kemudian proses terakhir adalah memanggang daging sampai matang.


Manuk Napinadar
Foto: okezone

Hidangan tradisional ini Manuk Napinadar. Masakan ini memang tidak sepopuler Ayam Betutu, tapi tetap memiliki rasa yang lezat.

Hidangan ini sebenarnya bukanlah makanan yang  yang bisa Anda temukan dengan mudah di beberapa warung makan atau restoran di sekitar Medan. Anda perlu datang ke acara acara khusus di Medan.

Sekilas Manuk Napinadar terlihat seperti ayam biasa. Tapi rasanya jauh lebih enak. Hidangan ini menggunakan satu bahan rahasia yang hanya dapat ditemukan di Medan.


 

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa