Perbedaan Tepung Sorgum Dengan Tepung Tapioka Perbedaan Tepung Sorgum Dengan Tepung Tapioka

Foto : pixabay

  • RAA
  • Minggu, 01 November 2020 - 16:37 WIB

Perbedaan Tepung Sorgum Dengan Tepung Tapioka


Ada berbagai tepung beredar di pasaran. Tepung terigu, tepung maizena, tepung tapioka, dan tepung beras. Bagaimana dengan tepung sorgum? apa perbedaannya dengan tepung tapioka?

Tepung Sorgum

Tepung sorgum memiliki tekstur yang ringan dan cenderung manis. Penggunaan tepung ini biasanya sebagai campuran dengan tepung bebas gluten lainnya, atau digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit tepung.

Tepung ini memiliki serat dan protein yang tinggi. Tepung ini mengandung banyak zat besi dan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh.


Tepung Tapioka


Foto : Mesinindustrimurah Blog

Sifat tepung tapioka ini mirip dengan tepung sagu. Dikarenakan kemiripannya, kedua tepung ini dapat saling menggantikan. Tepung ini sering dijadikan bahan perekat dalam makanan atau pengental untuk sop dan saus.

Tepung tapioka / casava, selain bisa digunakan oleh orang yang sensitif terhadap gluten. Tepung tapioka memiliki manfaat lain yakni kadar pati resistennya yang tinggi. Pati ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan.