Diakui UNESCO Inilah Salah Satu Seni Budaya Indonesia Yang Mendunia Diakui UNESCO Inilah Salah Satu Seni Budaya Indonesia Yang Mendunia

Foto : indonesia.go.id

  • RAA
  • Sabtu, 31 Oktober 2020 - 17:41 WIB

Diakui UNESCO Inilah Salah Satu Seni Budaya Indonesia Yang Mendunia


Wayang adalah bentuk teater boneka tradisional yang aslinya ditemukan dalam budaya Jawa, Indonesia.


Bentuk seni teater boneka tradisional dapat ditemukan di Indonesia dan bagian lain Asia Tenggara, di mana sebuah cerita dramatis diceritakan melalui bayang-bayang yang berasal dari boneka dan terkadang dikombinasikan dengan karakter manusia. 


Salah satu bentuk dari seni dan budaya khas Indonesia ini ditelusuri asal-usulnya dalam penyebaran agama Hindu di era abad pertengahan dan kedatangan seni boneka berbasis kulit yang disebut thalubomalata dari India selatan.


Wayang mengacu pada keseluruhan pertunjukan drama. Pertunjukan wayang seperti wayang kulit diiringi oleh orkes gamelan di Jawa, dan gender wayang di Bali.

Kisah-kisah dramatis menggambarkan mitologi, seperti episode dari epos Hindu Ramayana dan Mahabharata, serta adaptasi lokal dari legenda budaya setempat.


Secara tradisional, wayang dimainkan dalam pertunjukan ritual tengah malam hingga fajar oleh seorang dalang, seorang seniman dan pemimpin spiritual; orang-orang menonton pertunjukan dari kedua sisi layar.

UNESCO menetapkan wayang kulit, sebuah teater boneka bayangan dan yang paling terkenal dari wayang Indonesia, sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tanggal 7 November 2003.

Sebagai balasan atas pengakuan tersebut, UNESCO meminta masyarakat Indonesia untuk melestarikan tradisi tersebut.

Wayang juga telah menjadi bentuk seni sejarah yang penting di Malaysia, Thailand, Kamboja dan Laos.

Istilah wayang dalam bahasa Jawa berarti "bayangan"  atau "imajinasi".

Dalam kosakata bahasa Jawa dan Indonesia sehari-hari modern, wayang bisa merujuk pada wayang itu sendiri atau keseluruhan pertunjukan teater.

Wayang saat ini adalah bentuk teater boneka paling kuno dan terpopuler di dunia.

Ratusan orang akan begadang sepanjang malam untuk menyaksikan para pemain superstar, dalang, yang mendapat bayaran mahal dan merupakan selebriti internasional.


Beberapa dalang paling terkenal dalam sejarah belakangan ini adalah Ki Nartosabdho, Ki Anom Suroto, Ki Asep Sunandar Sunarya, Ki Sugino, dan Ki Manteb Sudarsono.