Kuliner Gorontalo Yang Wajib Anda Coba Kuliner Gorontalo Yang Wajib Anda Coba

Foto: tastemade

  • RAA
  • Jumat, 21 Januari 2022 - 12:45 WIB

Kuliner Gorontalo Yang Wajib Anda Coba


Berada di Pulau Sulawesi bagian Utara, kota Gorontalo memiliki begitu banyak varian kuliner lezat tradisionalnya. Berikut ini beberapa diantaranya yang patut Anda coba :

Sate Tuna
Foto: idntimes

Gorontalo memiliki kuliner sate yang unik, yaitu sate tuna. Ikan ini dipotong dadu dan ditusuk sate lalu dibumbui. Hidangan ini memakai daging ikan tuna dikarenakan ikan tuna merupakan salah satu sumber daya alam lokal yang melimpah di Gorontalo


Ilabulo
Foto: liputan6

Orang-orang diluar Gorontalo akan melihat hidangan ini sebagai Pepes. Ilabulo memang menyerupai Pepes.

Namun, rasanya sangat berbeda dengan Pepes. Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo yang dibuat dengan menggunakan sagu dan hati ayam.

Dalam proses memasaknya, hidangan ini menggunakan santan. Biasanya, Ilabulo disajikan oleh masyarakat Gorontalo sebagai hidangan makan siang.


Tabu Moitomo
Foto: tastemade

Tabu Moitomo, sup kental berwarna gelap yang menggunakan daging sapi atau ayam dengan 30 bahan pelengkap, termasuk berbagai bumbu dan rempah yang tersedia di Gorontalo. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara pernikahan, acara sosial keluarga, dan acara khusus lainnya.

Menyiapkan Tabu Moitom bisa memakan waktu berjam-jam dan membutuhkan banyak orang untuk menumbuk berbagai macam bumbu serta menunggu sampai dagingnya empuk.


Bilenthango
Foto: reddoorz

Bilenthango adalah salah satu hidangan ikan khas Gorontalo. Makanan ini menggunakan ikan mujair dengan rasa yang unik.

Menyiapkan makanan ini terbilang sangat sederhana. Anda hanya perlu menggoreng atau memanggang ikan.