Makanan-Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes Makanan-Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Foto: hellosehat

  • RAA
  • Kamis, 20 Januari 2022 - 09:50 WIB

Makanan-Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes


Diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya. Orang yang berada dalam kondisi pradiabetes juga telah dikaitkan dengan kondisi ini.

Mengkonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin serta meningkatkan peradangan, yang dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit.

Berikut ini makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes ataupun pradiabetes.

 

 

Minuman Manis
Foto: sindonews

Minuman manis sangat tinggi karbohidrat, misalnyan satu kaleng kaleng soft drink mengandung 38,5 gram karbohidrat. Jumlah yang hampir sama terdapat pada es teh manis yang mengandung hampir 45 gram karbohidrat.

Selain itu, minuman manis ini sarat dengan fruktosa, yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan diabetes.

Terlebih lagi, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman manis dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan lemak perut dan berpotensi membahayakan kadar kolesterol.

Lemak Trans
Foto: hellosehat

Lemak trans ditemukan dalam margarin, krimer, dan frozen food. Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke dalam produk seperti biskuit, muffin, dan makanan lainnya untuk membantu memperpanjang umur simpan produk.

Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, lemak trans telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan lemak perut, serta tingkat kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah dan gangguan fungsi arteri.

 

 

Roti Putih dan Nasi
Foto: kompas

Roti putih dan  nasi putih adalah makanan yang tinggi karbohidrat. Mengkonsumsi roti dan makanan tepung olahan lainnya telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.