Nasi-Nasi Unik Dari Nusantara Untuk Inspirasi Sarapan Anda Nasi-Nasi Unik Dari Nusantara Untuk Inspirasi Sarapan Anda

Foto: inews

  • RAA
  • Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:14 WIB

Nasi-Nasi Unik Dari Nusantara Untuk Inspirasi Sarapan Anda


Kekayaan budaya Indonesia sangat beragam termasuk dalam kulinernya. Entah itu tahu, tempe atau sate, ada banyak variasi yang bisa diolah. Nasi, yang menjadi bahan pokok dalam banyak hidangan dan juga memiliki cara berbeda dalam memasak dan menyajikannya.


Berikut ini beberapa masakan berbahan dasar nasi khas Indonesia :

Sego Tewel
Foto: tribunnews

Sego Tewel adalah salah satu hidangan nasi yanb populer di Semarang, Jawa Tengah. Hidangan nasi ini dibungkus dengan menggunakan daun jati di atas piringnya. Hal ini membuat rasanya semakin nikmat dengan aroma daun pada hidangannya.


Nasi Langgi
Foto: sajiansedap

Nasi Langgi terdiri dari kombinasi nasi, daun pepaya, teri, tumisan bihun, dan sambal. Biasanya orang menambahkan tempe goreng, telur, atau ayam sebagai lauk favorit mereka. Hidangan ini cocok untuk Anda pecinta pedas.


Nasi Kuning
Foto: inews

Hidangan tradisional Indonesia ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan yang biasanya dibumbui dengan kunyit, serai, dan daun jeruk purut.


Hiidangan ini dilengkapi dengan ayam goreng, kentang goreng, irisan telur dadar, teri goreng, udang, atau tempe goreng.

Sambal dan serundeng sering disajikan sebagai bumbu.Nasi kuning selalu tersaji rapi di piring, dan nasi harus selalu diletakkan di tengah. 

Nasi Gandul
Foto: kompas

Nasi Gandul berasal dari Pati, Jawa Tengah. Hidangan ini memiliki kombinasi manis dan asin dengan kuah santan yanb ringan. Nasi gandul terdiri dari nasi yang bisa Anda tambahkan dengan telur, daging sapi, ayam, atau hidangan utama lainnya.

Nasi Gandul cocok dikonsumsi di pagi hari untuk sarapan atau bahkan untuk cemilan sore hari. Saat musim hujan tiba di kota Pati sajian nasi ini menjadi hidangan yang paling disukai untuk disantap.