Berbagai Jenis Tempe Untuk Inspirasi Makan Siang Anda Berbagai Jenis Tempe Untuk Inspirasi Makan Siang Anda

Foto: tribunnews

  • RAA
  • Jumat, 14 Januari 2022 - 09:44 WIB

Berbagai Jenis Tempe Untuk Inspirasi Makan Siang Anda


Tempe terbuat dengan kedelai utuh, yang dilunakkan dengan cara direndam, dikupas, kemudian dimasak sebagian.

Tempe juga dapat dibuat dari jenis kacang-kacangan lain, seperti gandum, atau mungkin termasuk campuran kacang-kacangan dan biji-bijian. Berikut ini beberapa diantaranya : 


Tempe Kecipir
Foto: detik

Tempe kecipir merupakan salah satu jenis tempe yang populer di Yogyakarta. Karena kecipir terkadang sulit ditemukan, maka tempe jenis ini jarang diproduksi. Meski begitu, banyak peminatnya yang tak sabar untuk mengkonsumsinya saat musim kecipir datang.

Tempe kecipir mengandung beberapa protein yang baik dengan rasa yang lebih pahit dibandingkan tempe kedelai.

Tempe Lupin
Foto: tribunnews

Tempe Lupin adalah salah satu jenis tempe yang terbuat dari jenis kedelai yang didatangkan dari Australia Barat. Tempe Lupin biasa dibungkus menggunakan kantong plastik namun tetap memiliki rasa Tempe yang enak dengan rasa yang gurih. Rasanya sedikit berbeda dengan kedelai Indonesia yang dibungkus menggunakan daun pisang.


Tempe Gembus
Foto: grid

Tempe Gembus begitu populer di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Biasanya di Jawa Tengah disebut dengan Tempe Ganjes, sedangkan di Jawa Timur disebut dengan Tempe Menjes. Tempe jenis ini sangat populer untuk digoreng dan disajikan dalam jajanan Indonesia untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Tempe Gembus terbuat dari ampas tahu yang difermentasi dengan baik setelah direbus dan didinginkan dalam beberapa jam.

 Dibandingkan dengan tempe kedelai, tempe mengandung protein yang lebih rendah tetapi memiliki asam lemak yang lebih tinggi yang membuatnya memiliki rasa lezat yang berbeda dari tempe lainnya.