Makanan-Makanan Indonesia Yang Terpengaruh Belanda Makanan-Makanan Indonesia Yang Terpengaruh Belanda

Foto: kompas

  • RAA
  • Kamis, 13 Januari 2022 - 14:31 WIB

Makanan-Makanan Indonesia Yang Terpengaruh Belanda


Kolonialisme Belanda selama 350 tahun telah membawa banyak pengaruh di dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia, termasuk dalam kulinernya.

Berikut ini beberapa jenis kuliner lezat khas Belanda-Indonesia yang patut Anda coba : 


Semur
Foto: kompas

Semur menjadi salah satu makanan tradisional Belanda-Indonesia yang begitu populer di Indonesia sehingga menjadi salah satu hidangan nasional Indonesia yang paling populer.

Ada banyak sekali jenis Semur seperti Semur Jengkol, Semur Ayam, Semur Sapi, Tahu atau Tempe Semur, dan masih banyak lagi. Diyakini bahwa Semur berasal dari masakan Belanda yang bernama Smoor.

Sop Senerek
Foto: kompas

Sop Senerek menjadi salah satu makanan tradisional Belanda-Indonesia yang paling populer yang ada di Indonesia. Hidangan berisi sup daging sapi atau ayam yang diisi dengan kacang merah, wortel, kubis atau bayam, dan beberapa jenis sayuran lainnya.


Selat Solo
Foto: detik

Hidangan ini terdiri dari daging tenderloin sapi rebus yang disajikan dengan saus encer yang terbuat dari campuran bawang putih, cuka, kecap manis, saus Worcestershire, air, dan dibumbui dengan pala dan lada hitam. 

Disajikan dengan telur rebus dan sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, ketimun, kembang kol atau brokoli dan wortel, dan diberikan topping keripik kentang dan sedikit mustard atau mayones di sampingnya.