Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Membuat Anda Ingin Selalu Kembali Kesana Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Membuat Anda Ingin Selalu Kembali Kesana

Foto: kompas

  • RAA
  • Selasa, 11 Januari 2022 - 17:13 WIB

Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Membuat Anda Ingin Selalu Kembali Kesana


Daerah Jawa Tengah memiliki jenis kuliner  sangat khas di tiap daerahnya. Berikut ini beberapa kuliner khas Jawa Tengah yang patut Anda coba : 

Wingko  Babat
Foto: merdeka

Wingko paling enak disantap saat masih hangat. Hidangan ini sebenarnya terbuat dari kelapa parut dan beras ketan. 
Wingko paling terkenal dibuat di daerah Babat. Seperti nama nya, wingko sebenarnya berasal dari Babat, sebuah kota di Kabupaten Lamongan di Jawa Timur, dekat perbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro. Jajanan  ini merupakan jajanan tradisional yang banyak dibeli sebagai oleh-oleh.

Soto Bangkong
Foto: inews
Soto Bangkong adalah sejenis soto ayam yang disantap dengan  beberapa irisan tomat dan bihun.

Anda juga bisa menambahkan kerupuk, sambal dan sedikit jeruk nipis ke dalamnya dipadukan dengan sate usus ayam.


Tongseng
Foto: kompas

Makanan tradisional lain di Jawa Tengah adalah tongseng. Namanya berasal dari suara makanan ini saat dimasak di wajan dan juga berasal dari kata Jawa 'osengan' yang berarti tumis.

Tongseng adalah masakan tumis yang terdiri daging kambing, ayam ataupun sapi dan sayuran. Umumnya tongseng menggunakan santan. Tongseng dapat dinikmati dengan nasi putih hangat dan kerupuk.

Ayam Kalasan
Foto: idntimes

Jawa Tengah adalah tempat asal ayam goreng Kalasan. Kulitnya renyah dengan paduan kremesan yang menambah rasa gurih. Ayam kalasan dinikmati dengan sepiring nasi hangat, sambal, sayuran seperti mentimun, daun kemangi dan tahu tempe goreng.