Makanan-Makanan Ini Menjadi Pembeda Indonesia Dengan Negara Lain Makanan-Makanan Ini Menjadi Pembeda Indonesia Dengan Negara Lain

Foto: kompas

  • RAA
  • Sabtu, 27 November 2021 - 16:59 WIB

Makanan-Makanan Ini Menjadi Pembeda Indonesia Dengan Negara Lain


Jika membicarakan kuliner Indonesia, tentunya tidak akan ada habisnya. Nusantara ini terdiri dari ribuan pulau dan berbagai macam daerah dan suku yang tentunya memiliki kuliner khasnya masing-masing. Dari 4 kuliner di bawah ini mana yang favorit anda? : 

1. Pempek

Foto: pikiranrakyat

Berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, pempek merupakan makanan yang populer di seluruh nusantara, baik sebagai jajanan maupun sebagai hidangan utamai. Pempek terbuat dari ikan dan tapioka, teksturnya kenyal nikmat, kemudian disajikan dalam beberapa variasi tambahan bahan dan bentuk. Potongan pempek disantap dengan kuah asam asin manis spesial, mi, dan irisan ketimun.

2. Sayur Asem
Foto: kompas

Sesuai namanya, sayur asem memang memiliki rasa yang asam dan gurih. Hidangan ini berisi sayuran seperti jagung, kacang panjang, labu siam, dan kacang tanah, direndam dalam kaldu yang kaya rempah. Sayur asam dapat anda nikmati dengan ikan asin dan sambal terasi.

3. Sate
Foto: kompas

Sate dapat dikatakan merupakan salah satu makanan nasional Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya varian menu sate yang dapat ditemukan pada setiap daerah di Indonesia. Sate Madura memiliki perbedaan dengan sate Ponorogo, dan sate Buntel. Ada juga sate Solo yang dikonsumsi dengan nasi dan tongseng.

4. Rendang
Foto: tribun

Rendang adalah salah satu makanan paling populer dan luar biasa di Indonesia, awalnya merupakan suguhan untuk upacara khusus di tempat asalnya, Minangkabau. Rendang di daerah asalnya, dimasak dengan waktu yang cukup lama, yaitu mencapai 8 jam. Rendang Minangkabau juga biasanya berwarna kehitaman yang menandakan durasi waktu masak yang cukup lama. Namun anda akan mendapatkan daging empuk dengan rasa asap yang khas.