Ifumie, Menu Mie Dengan Cara Masak Yang Unik Ifumie, Menu Mie Dengan Cara Masak Yang Unik

Foto: okemom

  • RAA
  • Minggu, 14 November 2021 - 15:07 WIB

Ifumie, Menu Mie Dengan Cara Masak Yang Unik


Ifumie adalah salah satu jenis hidangan mie tebal yang digoreng dan renyah, populer di Asia Tenggara termasuk di Indonesia.  Hidangan ini disajikan dalam saus gurih kental dengan potongan daging atau seafood dan sayuran. Ifumie harus disajikan panas saat mie masih segar sampai mie melunak oleh saus dan siap untuk dikonsumsi.


Hidangan ini merupakan salah satu hidangan mie paling populer dalam masakan Tionghoa Indonesia. Jenis mie yang digunakan dalam hidangan ini adalah mie yi mein yang tebal, mirip dengan mie kering dari Makassar. Berbeda dengan jenis mie khas Tionghoa Indonesia lainnya dengan tekstur yang lembut, seperti mie goreng misalnya, ifumi memiliki tekstur yang renyah seperti mie instan atau kerupuk kering.

Hal ini dikarenakan mie digoreng terlebih dahulu dengan minyak goreng.
Untuk saus dan sayurannya sebenarnya cukup mirip dengan cap cai yang terbuat dari wortel tumis, jamur kuping awan, choy sum atau kubis napa, kembang kol, bawang putih dan bawang bombay yang dibumbui dengan saus tiram, ang ciu, serta sedikit garam dan gula.


Saus dan sayuran ini kemudian ditambahkan air, dan dicampur dengan tepung jagung sebagai pengental. Saus kental gurih dengan potongan daging dan sayuran ini dimasak secara terpisah, dan kemudian dituangkan ke atas mie kering yang renyah sebelum disajikan.