Kue Koya, Kue Tradisional Indonesia Kue Koya, Kue Tradisional Indonesia

Foto: resepedia

  • RAA
  • Minggu, 14 November 2021 - 09:16 WIB

Kue Koya, Kue Tradisional Indonesia


Kue satu atau kue koya adalah kue kering tradisional Indonesia yang terbuat dari bubuk kacang hijau manis berwarna putih yang hancur saat digigit. Kue ini populer khususnya di pulau Jawa. Di Indonesia, kue ini biasa disajikan pada saat-saat perayaan, seperti Lebaran, Natal  dan Imlek.

Kue ini  terdiri dari empat bahan yaitu kacang hijau, gula halus, esens vanila, dan air. Kacang hijau ditumis tanpa minyak sampai kulit hijaunya pecah-pecah. Setelah kulitnya dibuang, kacang hijau yang sudah dikupas dihaluskan atau digiling secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan alat listrik seperti food processor atau blender.

Bubuk kacang hijau tersebut kemudian dicampur dengan gula halus, esens vanila, dan sedikit air hingga membentuk adonan. Adonan ini kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kue kecil dan dipanggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius.

Setelah itu, kue yang sudah dipanggang diangin-anginkan dan dijemur selama beberapa jam sebelum disimpan dalam toples kue. Kue koya yang paling umum menggunakan kacang hijau dengan gula halus dan essens vanila.

Tetapi ada varian lain yang disebut dengan kue koya kacang tanah yang menggunakan kacang tanah biasa sebagai pengganti kacang hijau, sehingga menghasilkan kue koya berwarna coklat.