Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Indonesia Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Indonesia

Foto: kompas

  • RAA
  • Sabtu, 13 November 2021 - 20:07 WIB

Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Indonesia


Jajanan pasar mengacu pada kue tradisional Jawa yang dijual di pasar. Ada berbagai jenis jajanan yang dijual di pasar tradisional di Jawa: jajanan pasar, kue, bolu, dan roti. Jajanan pasar mengacu pada makanan ringan asli Jawa,  kue mengacu pada beberapa jenis kue barat dan kue kukus asal Tiongkok, bolu mengacu pada kue bolu dan beberapa jenis kue lainnya dengan tekstur serupa, sedangkan roti  mengacu pada makanan yang dipanggang secara umum.

Berikut ini beberapa jenis jajanan pasar yang patut Anda coba :

Klepon
Foto: orami

Kue  ini diolah dengan cangkang tepung beras ketan yang dibungkus dengan isian gula aren.

Kulit terluar biasanya diwarnai hijau, secara tradisional dengan bantuan daun pandan atau dracaena, sedangkan seluruh bungkil dilapisi dengan kelapa kering.

Asal usul klepon berasal dari Jawa, dan ada juga suguhan yang sama tetapi lebih dikenal sebagai onde-onde atau buah melaka di beberapa wilayah Sulawesi, Sumatera, dan Malaysia.


Lemper

Foto: kompas

Lemper adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ayam, ikan atau abon dan dibungkus dengan daun pisang. Rasanya seperti makan nasi tapi porsinya kecil dan beraroma daun pisang

Arem-arem
Foto: indozone

Arem-arem adalah jajanan khas Jawa yang terbuat dari lontong yang dibungkus dengan daun pisang, diisi dengan sayuran potong dadu, tempe atau oncom, terkadang juga diisi dengan daging cincang atau abon.

Arem-arem sering disebut sebagai jajanan lontong dengan isian, sehingga kadang disebut juga lontong isi.