Nastar, Kue Nanas Lezat Dari Asia Tenggara Nastar, Kue Nanas Lezat Dari Asia Tenggara

Foto: liputan6

  • RAA
  • Sabtu, 13 November 2021 - 16:23 WIB

Nastar, Kue Nanas Lezat Dari Asia Tenggara


Tart nanas adalah kue berukuran kecil yang diisi atau diberi topping selai nanas, umumnya ditemukan di berbagai belahan Asia Tenggara seperti Indonesia (kue nastar), Malaysia , Brunei dan Singapura dalam berbagai bentuk.

Kue ini terbuat dari mentega dan kuning telur serta tepung jagung. Selai nanas biasanya dibuat dengan cara mereduksi secara perlahan dan karamelisasi parutan nanas segar yang telah dicampur dengan gula dan rempah-rempah, biasanya kayu manis, adas bintang dan cengkeh.

Berikut variasinya dari berbagai negara : 

Indonesia
Foto: liputan6

Di Indonesia, disebut nastar yang merupakan singkatan dari nanas tart yang merupakan kue kering yang populer selama perayaan Lebaran, Natal dan Imlek.

Sama seperti banyak kue kering di Indonesia, asal muasalnya berasal dari pengaruh Belanda pada tradisi pastry, cake, dan cookies.


Kebanyakan nastar dibuat berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2 cm. Selai nanas diisi di dalamnya.


Malaysia dan Singapura

Dianggap sebagai "kue perayaan", kue tar nanas sangat populer selama Hari Raya, Tahun Baru Imlek dan perayaan Deepavali di Singapura dan Malaysia. Kue ini juga dijual di toko roti dan toko oleh-oleh.

Taiwan
Foto: tokopedia

Tart nanas versi Taiwan dikenal sebagai fènglís. Isiannya sepenuhnya tertutup dalam bentuk kue tar persegi panjang.

Umumnya rasanya manis karena ditambahkan gula. Namun, banyak pembuat roti menambahkan atau bahkan mengganti nanas dengan melon untuk membuat selai tidak terlalu asam serta untuk memberikan tekstur yang kurang berserat pada isiannya.