Mensukseskan Tahun Indikasi Geografis Mensukseskan Tahun Indikasi Geografis

Foto: radarmagelang

  • RAA
  • Rabu, 24 April 2024 - 10:10 WIB

Mensukseskan Tahun Indikasi Geografis


2024 Tahun Indikasi Geografis. Sebagai negara yang kaya akan kekayaan alam dan sumber daya manusia, Indonesia dapat menghasilkan  produk khas yang tidak dapat ditemukan di wiayah lain. Untuk itulah Indikasi Geografis ada.

Pentingnya perlindungan Indikasi Geografis dituangkan pemerintah melalui DJKI (Dirjen Kekayaan Intelektual) dengan mencanangkan 2024 sebagai tahun Indikasi Geografis.

Sejauh ini terdapat 129 produk Indikasi Geografis Indonesia yang terdaftar & beredar. DJKI juga menginisiasi program strategis dengan tajuk Geographical Indication Goes to Marketplace.

Program ini menjadi salah satu program unggulan DJKI untuk meningkatkan kapasitas dan peran pemilik Indikasi Geografis dalam melakukan promosi dan komersialisasi produk Indikasi Geografis. 

Dalam program ini, Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis MPIG akan mengikuti inkubasi secara intensif dengan trainer dan narasumber yang akan datang langsung ke tempat produksi produk-produk Indikasi Geografis. Materi yang diberikan juga mencakup branding, promosi produk, desain, dan pengemasan, serta perluasan pasar melalui marketplace dan tentunya pembuatan konten bersama strategi pemasarannya.

Diharapkan dengan program ini, daya saing produk-produk Indikasi Geografis akan meningkat baik secara nasional maupun internasional.