Mendorong Sorgum Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia Mendorong Sorgum Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia

  • RAA
  • Jumat, 16 Februari 2024 - 19:49 WIB

Mendorong Sorgum Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia


Indonesia masih mengimpor bahan pangan pokok seperti beras dan gandum. Untuk mewujudkan ketahanan pangan, pemerintah mendorong diversifikasi pangan dengan memanfaatkan sorgum.

Sorgum merupakan alternatif bahan pangan dengan kandungan karbohidrat rendah, bebas gluten, dan kaya serat serta zat besi. Tanaman ini mudah dibudidayakan dan dapat membantu mencegah stunting dan penyakit tidak menular.

Pemerintah telah menyiapkan Peta Jalan Produksi dan Hilirisasi Sorgum untuk mengembangkan budidaya dan pengolahan sorgum. Diversifikasi pangan berbahan sorgum membutuhkan pengawalan dari hulu ke hilir untuk memastikan keamanan, mutu, dan gizinya.

BPOM sebagai lembaga yang berwenang dalam pengawasan obat dan makanan, telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung pengembangan sorgum, seperti:

1. Menggelar Sarasehan Jaminan Keamanan, Mutu, dan Gizi Pangan Olahan Berbahan Dasar Sorgum
2. Menandatangani nota kesepahaman dengan pondok pesantren untuk mengembangkan Santripreneur
3. Memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas kebijakan dan program penanganan obat tradisional mengandung bahan kimia obat (BKO)

Upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap sorgum dan mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang promo dan produk-produk kami, silakan hubungi kami Instagram @timurasaindonesia, klik timurasa.com, chat admin kami yang siap membantu Anda dalam mendapatkan penawaran terbaik sebagai reseller kami.