UMKM Naik Kelas? Bisa! UMKM Naik Kelas? Bisa!

Foto: pixabay

  • RAA
  • Sabtu, 19 November 2022 - 18:04 WIB

UMKM Naik Kelas? Bisa!


UMKM Naik Kelas, itulah jargon yang sering terdengar dalam berbagai forum bisnis di dalam negeri. UMKM memang menjadi usaha yang digeluti banyak orang di Indonesia. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar serta sumber daya yang berlimpah.

Permasalahan UMKM dalam menaikkan kelasnya terletak pada beberapa hal seperti:

1. Pengetahuan Tentang Bisnis
UMKM seringkali memiliki pengetahuan yang terbatas tentang bisnisnya sendiri. Hal ini yang menjadikannya sulit berkembang. Pengetahuan akan bisnis yang digeluti memang sebaiknya dipelajari. Jangan sampai anda terjun ke bisnis tersebut hanya karena tren.

2. Bahan Baku Berkualitas
Bahan baku berkualitas akan menentukan kualitas produksi anda. Namun, bahan baku terkadang sulit dicari, bagi anda yang sudah berpengalaman.

3. Pemodalan
Masalah klasik UMKM, akses terhadap pemodalan. UMKM seringkali kesulitan untuk mendapatkan modal. Hal ini dapat diatasi dengan membuat perencanaan yang sesuai dengan program.

Mengatasi permasalahan-permasalahan ini memang tidak mudah dan bukan merupakan masalah yang dapat diselesaikan secara instan. Yang sebaiknya dilakukan UMKM adalah fokus pada satu permasalahan dan menyelesaikannya secara bertahap.

Nonton bola akan lebih menarik dengan cemilan terbaru dari Timurasa, tersedia dalam berbagai varian asin dan manis yang membuat pengalaman nonton Piala Dunia 2022 semakin lengkap. Klik link berikut:

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa