UMKM Harus Berani Ekspor, Ini Dia Alasannya UMKM Harus Berani Ekspor, Ini Dia Alasannya

Bincang Santai: Kiat UMKM Berani Ekspor

  • RAA
  • Kamis, 17 November 2022 - 08:03 WIB

UMKM Harus Berani Ekspor, Ini Dia Alasannya


UMKM Indonesia sejak dahulu dikenal dapat bersaing dengan berbagai produk dan perusahaan yang jauh lebih besar. Hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat kemampuan UMKM Indonesia menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Permasalahan klasik UMKM Indonesia antara lain legalitas yang belum dimiliki, kapasitas produksi, dan tentunya modal. Selain itu, UMKM Indonesia sering kesulitan memasarkan produknya karena keterbatasan informasi.

Salah satu saluran menarik untuk memasarkan produk UMKM adalah ekspor. Tercatat nilai ekspor non migas pada UMKM mencapai Rp. 339,2 triliun pada tahun 2019. Meskipun terlihat besar, menurut Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, dari total ekspor nasional pada triwulan III 2021, UMKM hanya berkontribusi sebesar 15,65%. Cukup jauh dibandingkan dengan Singapura (41%), Thailand (29%), atau Tiongkok (60%). 

Produk F&B (Food & Beverage) atau kuliner menjadi salah satu produk yang berpotensi besar untuk menjadi primadona ekspor. Hal ini dapat dilihat dengan besarnya raihan potensi transaksi makanan dan minuman Indonesia pada ajang Summer Fancy Food Show 2022 bulan Juni 2022 lalu di New York, Amerika Serikat. Raihan potensi USD62,83 juta tentunya bukan hal yang bisa dianggap remeh.

Bagi anda yang para pemilik UMKM atau ingin membangun UMKM khususnya UMKM kuliner yang berpotensi ekspor, anda dapat mengikuti acara 

Bincang Santai: Kiat UMKM F&B Berani Ekspor di Sarinah Trading House Jl MH Thamrin No 11. Jakarta pada hari ini, Kamis 17 November 2022 pukul 13.00-15.00 WIB.

Menghadirkan narasumber:
Rakesh Kumar Ashok Adwani, Direktur Perdagangan PT Sarinah.
Anton Herdianto, Head Of Regions LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia).
dan Erdi Rulianto, CEO Timurasa yang akan berbagai pengalaman mengekspor berbagai macam produk-produk berkualitas hasil panen petani lokal Indonesia.

Acara ini turut didukung oleh PT Sarinah, Nirudaya, dan Timurasa Indonesia

Bagi anda yang berhalangan hadir, acara ini juga dapat disaksikan dalam format live streaming di Instagram dan  Sarinah serta Timurasa Indonesia. Klik link dibawah untuk menonton

Live Streaming Bincang Santai: Kiat UMKM F&B Berani Ekspor

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa