Perbedaan Ecommerce Dengan Marketplace, Anda Pilih Yang Mana? Perbedaan Ecommerce Dengan Marketplace, Anda Pilih Yang Mana?

Foto: pixabay

  • RAA
  • Minggu, 18 September 2022 - 11:01 WIB

Perbedaan Ecommerce Dengan Marketplace, Anda Pilih Yang Mana?


Tahukah anda bahwa ecommerce dan marketplace itu adalah dua hal yang berbeda. Marketplace merupakan situs web dari pihak ketiga yang menyediakan berbagai macam kategori produk dari berbagai penjual. Dalam sebuah marketplace, anda akan menemukan banyak sekali penjual. Contoh dari marketplace adalah Amazone, Tokopedia, Shoppee, dan Ebay.

Ecommerce adalah situs online yang berdiri sendiri untuk menjual barang dan jasa kepada pelanggannya. Ecommerce biasanya menggunakan platfom seperti Magento, Shopify, BigCommerce.

Dalam membangun marketplace atau ecommerce terdapat perbedaan pada biayanya. Untuk marketplace, biaya yang dikeluarkan relatif lebih kecil. Anda cukup membuat akun pada platform yang sudah disediakan, mengupload produk, serta menentukan harga, dan anda siap untuk menerima calon konsumen.

Adapun ecommerce, anda kemungkinan harus melalui proses pembangunan platform terlebih dahulu. Selain itu, anda juga harus berpromosi lebih masif dikarenakan belum banyak yang mengenal anda dan plaform yang baru saja anda luncurkan.

Hal ini menyambung pada bagaimana pelanggan mengakui merek anda. Menggunakan marketplace yang sudah memiliki reputasi tentunya akan berdampak pada anda. Kemungkinan besar anda akan lebih mudah untuk mendapatkan penjualan dibandingkan anda berjualan online melalui platform anda sendiri. Tentunya hal ini dapat berubah apabila anda sukses mempromosikan platfom anda dan berhasil meningkatkan jumlah pengguna platform anda.