Anda Ingin Mulai Berbisnis? Lakukan Hal-Hal Berikut Terlebih Dahulu Anda Ingin Mulai Berbisnis? Lakukan Hal-Hal Berikut Terlebih Dahulu

Foto : pixabay

  • RAA
  • Minggu, 24 April 2022 - 20:51 WIB

Anda Ingin Mulai Berbisnis? Lakukan Hal-Hal Berikut Terlebih Dahulu


Memutuskan untuk berbisnis sendiri merupakan keputusan besar yang dapat mengubah jalan hidup anda. Lakukan hal-hal berikut ini agar bisnis anda dapat lancar dan mampu mengatasi tantangan:

Validasi Ide
Foto: pixabay

Lakukan serangkaian penelitian atau survei kecil-kecilan untuk menvalidasi ide anda. Ide yang masih ada di dalam kepala anda hampir selalu akan terdengar brilian dan cemerlang. Untuk membuktikan bahwa ide anda memang cemerlang, anda dapat melakukan survei kecil-kecilan kepada target pasar anda. Dari sana anda akan mendapatkan data tentang seberapa menarik dan menjualnya ide anda.

Riset Pasar
Foto: pixabay

Setelah ide anda sudah terkonfirmasi validitasnya, anda dapat mencoba melakukan riset pasar. Riset pasar merupakan kegiatan mengumpulkan dan menganalisis data yang berhubungan dengan target pasar dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan target pasar itu sendiri.

Identifikasi Risiko
Bisnis selalu memiliki risiko. Ketika anda bekerja pada perusahaan, anda mungkin hanya mengurus bagian dari pekerjaan anda saja. Namun ketika berbisnis sendiri, ada berbagai macam risiko yang harus anda tanggung. Mulai dari perpajakan, suplier, sampai bertanggung jawab secara legal atau hukum. Identifikasi risiko yang akan muncul ketika anda akan berbisnis agar tidak menyesal di kemudian hari.

Strategi Pemasaran
Foto: pixabay

Pemasaran merupakan elemen penting untuk mensukseskan bisnis anda. Tanpa pemasaran yang baik, produk atau jasa anda akan sulit berkembang. Susun strategi pemasaran atau anda dapat menyewa konsultan pemasaran untuk bisnis anda.

Tokopedia Timurasa

Shoppee Timurasa

Blibli Timurasa

Lazada Timurasa