Tips Tetap Produktif Selama Berpuasa Ramadhan Tips Tetap Produktif  Selama Berpuasa Ramadhan

Foto : pixabay

  • RAA
  • Senin, 04 April 2022 - 09:17 WIB

Tips Tetap Produktif Selama Berpuasa Ramadhan


Meski sedang berpuasa, bukan berarti kita berhenti beraktivitas. Agar tetap fokus dan tidak kehilangan energi selama berpuasa, anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Buat Daftar Kegiatan Setelah Sahur
Foto: pixabay

Anda dapat memeriksa email anda setelah sahur, setelahnya anda dapat membuat rencana harian yang akan anda lakukan hari ini. Manfaatkan teknologi untuk mempermudah anda membuat rencana. Anda dapat menggunakan Microsoft To Do atau Google Calendar untuk melakukan ini.

2. Dahulukan Pekerjaan Penting
Foto: pixabay

Buat target untuk menyelesaikan pekerjaan penting atau rumit anda sebelum tengah hari. Pekerjaan penting dan rumit menuntuk konsentrasi yang tinggi dan tentunya akan menghabiskan energi anda. Oleh karena itu lebih awal anda mengerjakanya, maka akan lebih baik.

3. Lakukan Olahraga Ringan
Foto: pixabay

Duduk terlalu lama di depan komputer akan membuat mata anda lelah. Tubuh anda juga akan terasa pegal apabila duduk terlalu lama. Anda dapat bangun dari kursi untuk melakukan peregangan otot dan sendi yang kaku.

4. Sempatkan Waktu Untuk Tidur Sejenak
Foto: bbc

Ketika jam istirahat, anda dapat tidur sejenak untuk memberikan energi tambahan. Tidur selama 15-20 menit akan membantu mengembalikan mood dan semangat anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Selain itu, anda juga dapat beribadah selama waktu luang jam istirahat.