Waspadalah, Ini Penyebab Bisnis Kuliner Gulung Tikar Waspadalah, Ini Penyebab Bisnis Kuliner Gulung Tikar

Foto : pixabay

  • RAA
  • Selasa, 22 Februari 2022 - 19:15 WIB

Waspadalah, Ini Penyebab Bisnis Kuliner Gulung Tikar


Bisnis kuliner memang sekilas terlihat 'mudah', namun anda tentunya sering melihat berbagai restoran, warung, dan gerobak makanan yang gulung tikar. Ada berbagai penyebab usaha kuliner gulung tikar, mulai dari kualitas yang kurang baik, lokasi, atau pesaing yang terlalu banyak. Berikut daftarnya:

1. Mutu Tidak Terjaga
Foto: pixabay

Mutu makanan dan rasa merupakan hal yang tidak terpisahkan. Ketidakkonsistenan pada rasa akan sangat berisiko pada usaha anda. Selalu pastikan bahwa bahan baku anda merupakan bahan baku terbaik dan segar, terutama untuk bahan-bahan seperti sayuran, daging, dan ikan.

2. Pelayanan Yang Buruk
Foto: pixabay

Meskipun kualitas makanan sudah anda jaga, pelayanan yang buruk juga akan membuat pelanggan anda kabur. Pastikan pelayanan anda terjaga dengan baik. Tanyakan kepada pelanggan anda apa yang harus ditingkatkan atau dikurangi.

3. Minim Inovasi
Foto: foodnavigatorasia

Inovasi merupakan salah satu kunci utama bisnis kuliner. Selalu berinovasi pada menu anda untuk menghindari kebosanan konsumen anda. Pelajari hal-hal baru dan coba untuk diimplementasikan pada usaha kuliner anda.

4. Kebersihan Tempat
Foto: pixabay

Seringkali anda menemukan warung makan atau restoran yang terlihat kusam dan jorok. Meja yang berdebu atau toilet yang 'mengerikan' dapat membuat pelanggan anda tidak akan pernah kembali. Anda bahkan akan terkenal namun tidak dalam konotasi yang baik, karena kemungkinan besar pelanggan kecewa anda akan bercerita kepada teman-temannya.