Inilah Resep Sate Maranggi Anti Gagal

RAA | Minggu, 28 Maret 2021 - 12:25 WIB
Foto : selerasa

Bahan Utama yang Diperlukan Membuat Sate Maranggi: 

Daging sapi 600 gr 

3 sdm kecap manis 

100 gr gula aren, parutan 

20 tusuk sate kue beras (kerupuk opak)

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Sate Maranggi: 

12 bawang merah 

2 sdm ‘tebal’ air asam 

1 1/2 sdm ketumbar 

8 siung bawang putih 

1 1/2 sdt garam 

Bahan dan Bumbu Membuat Saus Cabai Untuk Sate Maranggi: 

2 bawang merah, cincang 

Cuka 1 sdm 

5 cabai hijau kecil, cincang 

1 tomat merah, cincang 

5 sdm kecap manis

Cara Membuat Sate Daging Maranggi: 

1. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan memotong-motong terlebih dahulu daging sapi yang sudah disiapkan dengan bentuk dadu ukuran kecil. Hindari memotong daging terlalu besar dan terlalu tebal agar daging yang nantinya dibakar dapat lebih mudah matang secara merata.

2. Selesai memotong-motong daging dengan bentuk dadu, sekarang tempatkan daging pada wadah berukuran sedang dan sisihkan sementara.

3. Masukkan parutan gula aren kedalam potongan daging yang ditempatkan pada wadah bersama dengan kecap manis dan bumbu halus. Lumuri semua bagian permukaan dagng hingga semuanya terbaluti dengan bumbu halus dan kecap.

4. Diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap kedalamnya dan nantinya daging akan terasa lebih sedap sewaktu disantap.

5. Setelah didiamkan, ambil tusukan sate dan tusukan potongan daging pada tusuk sate, jika memungkinkan anda bisa memasukan 3-4 potongan daging dalam 1 tusukan sate. Panggang daging diatas bara api, balikan dan berikan olesan kecap manis dengan margarin. Bakar hingga sate menjadi matang.

Cara Membuat Saus Cabai: 

1. Campurkan cincangan cabai hijau bersama dengan bawang merah, irisan tomat dalam mangkuk dan tambahkan dengan cuka bersama dengan kecap manis kemudian aduk-aduk hingga merata.

2. Sisihkan bumbu ini jika daging sate belum matang.