Berbagai Jenis "Gorengan" Dari Seluruh Dunia

RAA | Rabu, 13 Januari 2021 - 10:41 WIB
Foto : tirto

Fritter atau di Indonesia dikenal sebagai gorengan adalah camilan daging, seafood, buah, sayuran atau bahan lainnya yang telah digoreng atau dilapisi tepung roti, atau hanya adonan tanpa bahan tambahan yang digoreng.

Ada beberapa variasi fritter di berbagai negara, berikut ini beberapa diantaranya :


Inggris

Di restoran yang menjual menu "fish and chips" di Inggris biasanya disertai dengan "fritters"/gorengan berupa sepotong kentang goreng, nanas atau apel goreng yang dibentuk seperti cincin atau kacang polong lembek, digoreng dalam adonan.
Gorengan tersebut  juga biasa dibuat di rumah dan di sekolah, kadang-kadang juga dibuat dengan daging kornet. Ada lagi jenis gorengan yang disebut dengan Fritter roll ; gorengan kentang di dalam roti roll, disajikan dengan garam dan cuka.

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, gorengan adalah kue apel yang dibuat dengan bahan utama yang dicampur dengan telur dan adonan susu dan ditumis atau digoreng; Tepung terigu, tepung jagung, atau campuran keduanya dapat digunakan untuk mengikat adonan.

"Corn fritters" biasanya dibuat dengan jagung kalengan utuh dan umumnya digoreng.

"Gorengan apel" sangat terkenal, meskipun gorengan apel Amerika kontemporer tidak seperti yang di Inggris. Fritter apel versi lama di Amerika Serikat disiapkan dengan gaya Inggris, dengan mengiris apel, mencelupkannya ke dalam adonan, dan menggorengnya.

Afrika

Negara-negara Afrika Barat memiliki banyak variasi yang mirip dengan gorengan. Proses yang paling umum adalah mencampurkan kacang hitam kupas dengan paprika dan rempah-rempah untuk menghasilkan tekstur yang kental.