Cara Membuat Popped Sorghum

RAA | Jumat, 18 September 2020 - 17:30 WIB
Popped Sorghum Yang Enak

Sorghum merupakan jenis Biji-bijian super yang tinggi protein, kaya antioksidan dan bebas gluten alami. Selain itu, olahan sorghum seperti sorghum gandum membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan memberikan serat makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Sorghum juga bisa dijadikan cemilan sehat yang lezat, salah satunya adalah popped sorghum. Berikut ini kami bagikan resepnya :

Popped Sorghum

BAHAN :
200 gr Rice Sorghum (Beras Sorgum) Timurasa 
Cara membuat :

1. Panaskan wajan dengan tutup transparan tanpa minyak (atau dengan minyak sedikit) di atas api sedang. (Anda akan tahu panci siap ketika Anda menaburkan setetes air dan menari di permukaan dan menguap)

2. Masukkan 200g beras sorghum utuh ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dan tutup dengan tutupnya.

3. Masak sorghum, dengan menggoyang-goyang wajan sampai sorghum mulai meletus (popping). Saat hampir semua biji meletus, matikan api kompor anda.

4. Pop sorghum telah siap dan sajikan dengan sedikit mentega atau minyak zaitun, garam, merica, atau herbal.

Perlu diketahui :


1. Pada saat memulainya, mungkin anda perlu melakukan tes dengan menggunkan 1 atau 2 sendok sorghum untuk dapat mengetahui cara yang pas.


2. Tidak semua sorghum akan meletus, tetapi anda tetap dapat memakannya.


3. Untuk menggunakan microwave, cukup masukkan 200g sorgum ke dalam kantong kertas cokelat, lipat bagian atas untuk menutup, dan letakkan sisi terlipat ke bawah di dalam microwave. Panaskan pada suhu tinggi selama 2-3 menit, ketika biji sorgum meledak (popping) Tunggu hingga 10 detik dan matikan microwave.


Selamat menikmati..!!