Resep Cokelat Batangan Dengan Kokoa Bubuk Timurasa

RAA | Sabtu, 21 November 2020 - 09:40 WIB
Foto : pixabay

Peralatan
Panci ganda ukuran 2 liter
Penghalus makanan
Cetakan khusus cokelat atau cetakan es batu

Bahan:

220 gr Bubuk Kakao Timurasa
170 gr Mentega yang telah dihaluskan pada suhu ruangan
100 gr gula (dalam bentuk bubuk)
150 ml susu
1/4 sdt garam
235 ml air

Cara membuat:

1. Campurkan Bubuk Kakao Timurasa dan mentega hingga rata. Lalu tuangkan Bubuk Kakao Timurasa yang sudah dihaluskan kedalam panci.

2. Pindahkan adonan cokelat kepanci teratas.

3. Isi 1/4 bagian dari panci biasa atau panci ganda menggunakan air sebanyak 235 ml. Letakkan wadah berisi adonan coklat diatas panci tersebut. Didihkan airnya menggunakan api kecil.

4. Panaskan sampai panas sambil terus di aduk supaya tidak mudah gosong. Bersihkan sisa-sisa coklat yang menempel di dinding wadah secara teratur menggunakan spatula yang menggunakan bahan karet. Ketika pasta coklat masih panas (namun belum matang), masukkan kembali ke dalam penghalus untuk diproses kembali hingga halus.

5. Lalu campurkan susu dan gula. Aduk pastanya, dan tambahkan susu serta gula secara bertahap. Aduk kembali hingga pasta menjadi halus dan lembut. Cicipilah dan tambahkan sedikit gula jika perlu. Anda juga bisa menambahkan garam sesuai selera atau seperlunya.

6. Jika sudah, lalu tuang adonan ke dalam cetakan coklat khusus yang sudah disiapkan atau bisa juga menggunakan cetakan es batu kecil-kecil.

7. Apabila sudah tertuang semuanya, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga coklat bisa membeku.
8. Jika sudah membeku, keluarkan coklat dari kulkas dan taburi menggunakan gula bubuk.
Coklat cetak siap dinikmati.