Kelezatan Kuliner Dari Timur Indonesia Kelezatan Kuliner Dari Timur Indonesia

Foto: sajiansedap

  • RAA
  • Jumat, 14 Januari 2022 - 14:07 WIB

Kelezatan Kuliner Dari Timur Indonesia


Papua terkenal dengan budaya dan keindahan alamnya yang membuat para wisatawan baik dari dalam negeri dan mancanegara berlomba berkunjung kesana.
Selain dengan keindahan Raja Ampatnya, Papua juga kaya akan kuliner tradisional nya yang tentu saja memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Berikut ini beberapa diantaranya yang patut Anda coba : 


Ikan Panggang Manokwari
Foto: sajiansedap

Hidangan ini berasal dari Manokwari, sebuah kota di Papua Barat. Ikan yang digunakan dalam hidangan ini adalah ikan tenggiri. Apa yang membuat hidangan ini istimewa adalah cabainya. 

Tidak seperti ikan bakar lainnya di Indonesia, hidangan ini tidak diolesi kecap manis, sebaliknya ikan ini bercita rasa pedas.

Kue Bagea
Foto: resepkoki

Kue bagea berbentuk kecil dan bertekstur keras yang terbuat dari sagu dan kenari. Ada sedikit kayu manis dan cengkeh dalam rasanya.

Umumnya kue ini disantap bersama dengan teh atau kopi. Kue bagea sering dikemas dalam daun kering, dan ada juga yang dikemas dalam kotak sehingga Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.


Sarang Semut
Foto: correcto

Hidangan ini bukan sarang semut yang sebenarnya. Nama tersebut merujuk pada sejenis tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di hutan Papua.

Makanan tradisional ini sering dicari oleh masyarakat luar Papua karena khasiatnya yang menyehatkan. Biasanya digunakan sebagai obat di Papua. Ada juga kue yang terbuat dari tanaman sarang semut ini.